Antara WhatsApp, Signal dan Telegram

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on tumblr
Tumblr
Share on reddit
Reddit
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Yo, sedikit numbring dari berita-berita yang baru kemarin yang membicarakan tentang perubahan kebijakan yang ada pada Aplikasi Perpesanan (chat) di WhatsApp. Sekali-kali juga ingin menulis, disamping suda lama juga tidak ngeblog, ya meskipun sebenarnya dari awal kalau saya pribadi tidak begitu tertarik dengan penggunaan aplikasi WhatsApp setelah saya menjumpai Aplikasi Telegram yang merupakan salah satu alternatif aplikasi chat yang telah diluncurkan sejak 2013 tahun silam. Perbincangan mengenai topik kali ini telah menarik banyak orang, mungkin juga dunia sekarang ini memperbincangkan.

Dan menarik lagi Elon Musk CEO dari Tesla mencuitkan di Twitter pribadinya untuk menganjurkan semua orang berpindah ke alternatif Aplikasi Chat yang bernama Signal ditambah baru-baru ini tidak hanya Elon Musk tapi Edward Joseph Snowden juga melakukan hal yang sama (itu lo mantan kontraktor teknik Amerika Serikat dan karyawan Central Intelligence Agency (CIA) yang menjadi kontraktor untuk National Security Agency (NSA) sebelum membocorkan informasi program mata-mata rahasia NSA kepada pers). Kalau dari saya pribadi melihat WhatsApps dan Signal untuk saat ini masih belum tertarik, ya meskipun saya merupakan salah satu pengguna WhatsApp juga karena pertimbangan diluar saya sih. Saya tidak menyatakan bahwa yang satu lebih baik dari yang lain, tetapi sejujurnya, saya pikir akan lebih baik untuk membuat sedikit informasi tentang fitur-fitur di Signal. Akhirnya, saya mendapatkan tabel perbandingan Telegram, WhatsApp, dan Signal di bagian bawah tulisan ini.

Ah sama Seperti Telegram

Ok, jadi pertama, apa sih yang sama antara Telegram dan Signal?

Ini intuitif, dan jika Anda telah menggunakan WhatsApp atau Telegram, Anda tidak perlu waktu untuk benar-benar terbiasa dengan Signal. Anda dapat mengirim pesan kepada individu yang ada dalam daftar kontak di ponsel Anda. Ada sebuah aplikasi untuk Android dan iPhone. Jika Anda ingin mengirim pesan dari laptop / komputer desktop Anda, Anda juga dapat melakukannya. Anda dapat membuat grup, dan menjadi bagian dari grup. . Melakukan panggilan suara dan video bisa dilakukan dengan mudah. Lebih Baik Dari Atau Berbeda Dengan Telegram. Mengenai daftar saya perbandingan antara Telegram dengan WhatsApp, ini adalah daftar pribadi saya, dan Anda mungkin memiliki hal-hal lain yang menurut Anda lebih baik di Signal daripada di Telegram.

Grup

Oke, pertama, grup.

Telegram memungkinkan hingga 200.000 anggota dalam satu grup, dengan Signal mengizinkan 1.000. Kalau menurut saya pribadi mengenai group, bahwa 1.000 mungkin tidak cukup untuk sebuah organisasi besar, tetapi 200.000 adalah JAUH atau terlalu banyak orang untuk sebuah grup, setidaknya IMHO (menurut opini saya pribadi). Seperti Telegram, Anda bisa mengaturnya lebih leluasa dan banyak fitur didalamnya dan didalamnya mempunyai level akses yang cukup menarik, salah satunya bila Anda merupakan pembuat group maka Anda merupakan Owner Group yang dimana Owner Group hanya dimiliki oleh satu user saja, akan tetapi dari owner group bisa membuat pengaturan untuk membuat user admin dari beberapa user yang bergabung tidak kecuali sebuah bot (robot) didalam group tersebut. 

Di dalam grup, untuk mention @ Sebutan pada user didalam group bisa diatur untuk notifikasinya, bisa disenyapkan atau dihidupkan dan kalau lebih kompleks lagi bisa menggunakan bot lain untuk memberikan pengaturan sendiri. Jika Anda menggunakan Telegram dan merupakan administrator grup, Anda dapat menghapus pesan dari anggota grup yang menghapusnya untuk semua orang. Ini tidak dapat dilakukan di Signal.

Aplikasi iPad

Ini mungkin penting bagi penggemar Apple. Ternyata, tidak ada aplikasi WhatsApp untuk iPad, tetapi ada dengan Signal (dan juga Telegram).

Pin Obrolan

Obrolan dapat disematkan dan dilepas di Telegram, dan fitur ini juga tersedia di Signal, dan untuk perkembanganya saat ini PIN Obrolan bisa mencangkup lebih dari satu yang sebelumnya terbatas hanya satu saja. Cukup tekan dan tahan salah satu obrolan, lalu klik ikon pin yang muncul di bagian atas menu pita. Obrolan kemudian akan muncul di bagian baru yang Disematkan di bagian atas daftar obrolan

Pin Chat

Tidak jauh dari fitur Pin obrolan diatas, hanya saja untuk pin chat ini membuat sematan bukan dari obrolan namun dari chat user, dan ini juga tidak dijumpai pada WhatsApp dan Signal nampaknya. Meskipun untuk Pin chat ini pada Telegram sekarang ini hanya terbatas sampai 5 pin saja.

Waktu Terlihat Terakhir & Status Online

Salah satu fitur yang saya suka tentang Telegram adalah waktu terlihat terakhir dan pengaturan status online. Signal tampaknya tidak memiliki salah satu dari pengaturan ini. Anda tidak dapat melihat kapan seseorang terakhir terlihat, atau apakah mereka sedang online.

Akses ke Nomor Telepon Anda

Dengan Telegram, Anda yang sudah terdaftar di Telegram untuk mengobrol sama pengguna Telegram yang lain tidak memerlukan nomer mereka, cukup mengetahui username dan ini tidak dijumpai pada aplikasi WhatsApp dan Signal. Dari beberapa orang mungkin tidak begitu tertarik atau malah takut dengan fitur semacam ini, namun bagi saya pribadi untuk menjaga privasi nomor telp pribadi saya pikir ini sangat penting, apalagi di Indonesia yang terkenal dengan memenya Mama Minta Pulsa,,haha (cuman bercanda)

Pemberitahuan Pesan telah Terbaca

Ini adalah salah satu area di mana Signal lebih unggul. Ada dua pengaturan yang tidak dimiliki Telegram, dan itu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tanda terima baca dan juga mengaktifkan atau menonaktifkan indikator pengetikan. Menonaktifkan ini berarti penerima Anda tidak akan tahu apakah Anda telah membaca pesan mereka, atau jika Anda sedang mengetik pesan, tetapi Anda juga tidak akan tahu jika penerima Anda melakukan hal yang sama. Saya suka fitur ini, sayang sekali Telegram tidak memilikinya!

Folder

Obrolan dapat dipindahkan ke folder dengan Telegram, tetapi sayangnya tidak ada fitur seperti itu dengan Signal!

Saluran atau Channels

Dengan Signal, Anda dapat membuat grup, atau memulai obrolan dengan kontak individu. Saluran atau Channel adalah fitur tersendiri di Telegram, memberi fasilitas untuk menyiarkan pesan ke pelanggan, dan bersifat satu arah saja (itu dulu), dan untuk sekarang penambahan fitur baru untuk obrolan dalam channel sudah tersedia dengan memadukan fitur group didalam sebuah postingan pada channel untuk tempat berinteraksi didalam sebuah channel. Jadi dalam hal ini, Signal sama dengan WhatsApp dan Anda tidak akan kehilangan apa pun jika Anda beralih.

Nama pengguna atau Username

Fitur nama pengguna di Telegram memberi kemampuan untuk membuat tautan yang dapat Anda bagikan dengan orang lain, sebagai contoh https://t.me/aank_saputra (haha ini akun saya pribadi). Ini terkait kembali dengan fakta bahwa nomor telepon Anda tidak harus berupa sesuatu yang Anda bagikan dengan semua orang yangakan Anda ajak ngobrol melalui aplikasi messenger. Dengan Signal, Anda dapat menambahkan foto dan nama depan dan belakang Anda, tetapi tidak ada konsep nama pengguna yang dapat Anda bagikan sebagai tautan dengan orang lain.

Obrolan Rahasia & Pesan yang Menghancurkan Diri Sendiri

Obrolan rahasia di Telegram memungkinkan Anda membuat obrolan di mana pesan tidak dapat diteruskan ke orang lain. Ini juga menyediakan fitur pesan yang merusak diri sendiri di mana Anda dapat menyetel jangka waktu tertentu sebelum pesan akan hilang dari kedua ponsel orang yang ada dalam obrolan. Dengan Signal, Anda tidak memiliki obrolan rahasia, tetapi Anda dapat mengaktifkan pesan menghilang dan menyetel berapa lama pesan akan menghilang. Pesan masih bisa diteruskan ke orang lain.

Bot atau Robot

Ini merupakan salah satu fitur bagi saya pribadi yang saya sukai. Bot pada Aplikasi Telegram sangat bervariatif dan berikut dengan fungsinya masing-masing bot. Bagi beberapa orang mungkin ini tidak begitu menarik namun, bagi saya pribadi dan mungkin yang sedikit mengenal fungsi dari bot ini akan menarik, dikarenakan melalui bot ini pengguna Telegram bisa berexplore untuk membuat macam-macam fungsi bot, salah satunya untuk download sesuatu file baik dari website, instagram, facebook, youtube, dll. Untuk di Signal mungkin masih belum tersedia fitur bot semacam ini, namun untuk WhatsApp Anda akan menemukannya, hanya saja perbedaannya keleluasaan bagi developer/ programer untuk membuat sebuah bot di WhatsApp sangat terbatas dikarena Ada beberapa fitur didalamnya berbayar, dan tidak untuk di Telegram.

Dan yang terakhir Adalah Penyimpanan File atau Lampiran File

Setelah fitur Bot, ini merupakan hal yang paling saya sukai dan belum saya temukan di Aplikasi selain Telegram. Lampiran data/ file dengan extensi apapun di Telegram memungkinkan untuk dibagikan/ dikirim dan batasan maximal data lampiran untuk sampai saat ini sebesar 2GB per kiriman dan tidak terbatas untuk hitungan akumulasi file yang terkirim. Fitur ini juga bisa dijadikan untuk tempat alternatif penyimpanan file bagi para pengguna yang mengetahui. Dan jangan kawatir dengan pikiran bahwa file akan memenuhi daya simpan pada Handphone Anda, karena penyimpanan file pada Telegram dari awal sudah menggunakan system cloud. 

Satu lagi mungkin yang tidak terlintas, perlu diketahui bahwa setiap pengguna aplikasi Telegram bisa memuat akun lebih dari satu, untuk saat ini bisa menampung 3 akun/ user dalam satu aplikasi dan Anda tidak perlu kawatir mengenai handphone Anda yang rusak atau lagi mati tapi ingin memulai chat di Telegram, karena sekalipun Anda tidak mempunyai Handphone Anda juga bisa menginstall Aplikasi ini di PC/ Laptop Anda, tidak ada keharusan untuk menyalakan Handphone Anda yang terhubung dengan aplikasi Telegram, dan ini tidak dijumpai pada Aplikasi WhatsApp. Hingga terburuk pun Anda juga masih bisa masuk Telegram melalui website https://web.telegram.org untuk memulai chat.

Ahh..kayaknya akan banyak kalau dikupas rincian dari Aplikasi Telegram ini, jadi terkesan memihak satu dan menjatuhkan yang lainya dan tidak objektif lak’an (berguman dalam hati). Oh ya berikut sedikit tabel perbandingan yang saya punyai untuk dibagikan ke Anda. Semoga bermanfaat..Salam

Scroll to Top